Serangan Umum 1 Maret 1949, RAPI Wilayah 05 Gelar Fun Bike Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Kekalahan Jepang atas Sekutu dalam Perang Dunia Kedua, telah membuka kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memproklamasikan dirinya pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi bangsa yang merdeka dan bedaulat dalam suatu Negara kesatuan Republik Indonesia.

Namun kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia tersebut mengalami banyak tantangan dan berjalan penuh dengan perjuangan, sebab bangsa Belanda menolak kedaulatan Republik Indonesia dan bermaksud menguasai kembali wilayah RI, membonceng tentara Sekutu yang bertugas melucuti senjata dan memulangkan bala-tentara Jepang.

Serangan Umum 1 Maret 1949 menyasar Kota Yogyakarta yang saat itu dikuasai Belanda. Selama enam jam, pasukan Indonesia berhasil menduduki Yogyakarta. Melalui serangan tersebut, TNI dan Republik Indonesia berhasil menunjukkan eksistensinya di dunia internasional.Momen Serangan Umum 1 Maret 1949 telah menginspirasi kita sebagai warga negara Republik Indonesia tentang sebuah kerelawanan dan kegigihan dalam sebuah perjuangan tanpa mengenal pamrih dalam mencapai sebuah tujuan mulia.

Mengambil tajuk Serangan Umum 1 Maret 1949 RAPI Fun Bike 2022, dengan tag line “Dari Jogja, NKRI Tetap Berdaulat”, event yang digelar Minggu (6/3/2022) pagi tadi diikuti sekitar 1.500 orang.Digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan RAPI Fun Bike 2022 dilepas oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dengan mengibarkan bendera start di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Ketua Panitia RAPI Fun Bike 2022, Yohanes Suhardi berharap, kegiatan fun bike ini menjadi ruang untu penanaman nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, serta kerelawanan.

Digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan RAPI Fun Bike 2022 dilepas oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dengan mengibarkan bendera start di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Ketua Panitia RAPI Fun Bike 2022, Yohanes Suhardi berharap, kegiatan fun bike ini menjadi ruang untu penanaman nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, serta kerelawanan.

“Kegiatan RAPI Wilayah 05 Kabupaten Sleman ini merupakan prakarsa bersama dalam rangka tasyakuran dengan dikukuhkannya tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakkan Kedaulatan Negara dan akan menjadi agenda tahunan RAPI Wilayah 05 Kabupaten Sleman,” terang Suhardi.RAPI saat ini, sebagai organisasi nirlaba yang diakui pemerintah yang bergerak dalam bidang komunikasi radio, anggotanya harus selalu siap dan tanggap untuk ikut serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam maupun bencana sosial sesuai kompetensinya di bidang informasi dan komunikasi.“Anggota RAPI adalah manisfestasi dari pahlawan di masa sekarang, dimana kita harus menjaga spirit kepahlawanan dari para pahlawan yang kita wujudkan dengan kerja nyata melayani masyarakat, pungkas Suhardi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.