Sambut HKB 2022, RAPI Nasional Gelar SOSIPA “Berlatih Bersama Agar Siap Untuk Selamat Dan Menyelamatkan”

WARTA RAPI, RAPI Nasional – Kamis (14/4) Ketua II RAPI Nasional Harris Subiapradja JZ09IND dan Departemen Pengabdian Masyarakat dan Kerjasam Antar Lembaga RAPI Nasional melakukan koordinasi bersama Sentra Terpadu Pangudiluhur Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana yang akan diperingati pada tanggal 26 April 2022 dengan sub tema “Berlatih Bersama Agar Siap Untuk Selamat Dan Menyelamatkan”.

Indonesia merupakan negara yang penuh keberagaman. Keberagaman masyarakatnya sudah terkenal sejak dahulu kala menjadi modal terbesar dalam pembentukan Indonesia sebagai negara maju. Namun demikian letak geografis Indonesia juga menjadikan negara kita sebagai negara dengan potensi bencana yang beraneka macam. Hampir semua potensi bencana di dunia terdapat di Indonesia. Salah satunya adalah Gempa Bumi. Masyarakat memerlukan sosialisasi tentang Gempa Bumi agar masyarakat siap untuk menyelamatkan diri dan menyelamatkan keluarga, tetangga, teman dan orang-orang yang berada di sekitar ketika terjadi gempa Upaya pencegahan dini pada fase prabencana adalah kata kunci yang harus dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa, korban luka dan harta benda Bentuk langkah nyatanya adalah berlatih agar siap untuk selamat dan menyelamatkan orang sekitar. Salah satu yang harus diedukasi adalah sahabat-sahabat disabilitas, lansia dan penghuni balai KEMENSOS RI yang termasuk kelompok rentan serta para pendamping dan pekerja sosial.

Kesiapsiagaan bencana perlu dibangun dari awal sejak dini dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga. Kesiapan masyarakat menghadapi ancaman menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima. Partisipasi masyarakat sangat penting dalam penanggulangan bencana. Masyarakat di daerah rawan bencana, bersama-sama dengan pihak yang berwenang, menjadi “subjek’’ atau pelaku. Untuk itu, upaya penanggulangan bencana bukanlah kerja sendiri, melainkan merupakan tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah/Pemerintah Daerah, Unsur Masyarakat, Dunia Usaha, Akademisi/Perguruan Tinggi, serta Media, baik cetak, elektronik, dan social media.

RAPI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan serta unsur PENTAHELIX memandang wajib untuk berperanserta dalam mengedukasi masyarakat tentang kebencanaan dengan bersinergi bersama-sama BNPB sebagai stake holder kebencanaan, KEMENSOS RI selaku stake holder dibidang sosial, dalam hal ini Direktorat Jendral Rehabilitasi Sosial dan KORGAD sebagai organisasi yang selama ini aktif melakukan sosialisasi dan simulasi kebencanaan ke seluruh Indonesia dengan menyasar Para Klien / Penerimaan Manfaat (PM) antara lain Para Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas Netra dan ex Gelandangan Pengemis yang menjadi warga binaan di Sentra Terpadu Pangudiluhur Bekasi Kementerian Sosial RI. Adapun Kegiatan yang akan dilakukan berupa Sosialisasi Siaga Gempa (SOSIPA) dengan materi : 1. Teknik berlindung 2. Teknik Evakuasi Mandiri 3. Kaji Cepat 4. Evakuasi Mandiri 5. Radio Komunikasi Bencana 6. Pemindahan Korban 7. Simulasi.  Kegiatan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022 akan dilaksanakan di : Komplek KEMENSOS RI, RT.002/RW.021, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113(021) 8801888 Pelaksanaan secara serentak pada tanggal 26 April 2022, pukul 10.00 WIB. (WA2)