RAPI Daerah 29 Papua Barat “Go Green” di Teluk Sawaibu

Dipublikasikan oleh Redaksi pada

PENGNAS, rapi.or.id. Radio Antar Penduduk Indonesia Daerah 29 Papua Barat pada tanggal 29 Februari 2020 berkolaborasi dengan Komunitas Pegiat Lingkungan “Pandu Laut Manokwari”, Polri, Karang Taruna mengadakan aksi “Penanaman 1000 Mangrove” di Teluk Sawaibu, Kabupaten Manokwari – Papua Barat dengan melibatkan kurang lebih 200 personil dari 23 komunitas.

Dalam aksi tersebut RAPI Daerah 29 Papua Barat dikomandani langsung oleh Ketua Daerahnya bersama-sama anggotanya terlibat langsung mulai dari awal aksi hingga selesai.

Menurut Ketua Daerah RAPI 29 Papua Barat JZ29BAL bahwa kegiatan ini adalah murni kegiatan sosial dan hal ini adalah bagian dari komitmen RAPI Daerah 29 Papua Barat dalam menjaga serta melestarikan lingkungan yang dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini tingkat kerusakannya semakin mengkhawatirkan. Hal itu semakin diperparah dengan adanya pembalakan liar, illegal logging, yang semakin marak terjadi mulai dari kawasan hutan alami, hutan lindung, daerah aliran sungai hingga ke kawasan pesisir pantai sebagaimana yang terjadi diberbagai pelosok nusantara.

Keterlibatan RAPI Daerah 29 Papua Barat dalam aksi sosial Penanaman Mangrove tersebut adalah bagian dari pengejawantahan rasa keprihatinan yang dalam dengan berbagai dampak yang ditimbukan akibat dari pembalakan liar yang marak diberbagai kawasan hutan, daerah aliran sungai serta di pesisir pantai. Pada poin ini RAPI Daerah 29 Papua Barat memosisikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang merasa sangat prihatin dikarenakan semakin berkurangnya kepedulian masyarakat menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dan alam sekitarnya.

Apapun, bagaimanapun dan sekecil apapun yang telah dilakukan oleh RAPI Daerah 29 Papua Barat setidaknya telah menunjukkan eksistensi dan komitmennya terhadap lingkungan dan hal ini bukanlah merupakan hal yang biasa; sebab, tidak semua anggota RAPI yang tersebar diberbagai daerah ada yang mau memikirkan dan berbuat hal-hal yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan.

: “Ayo RAPI Daerah 29 Papua Barat. Tetap bergerak, jaga irama untuk senantiasa berada pada barisan terdepan dalam menjaga serta melestarikan alam dan lingkungan sekitar agar tetap hijau dan asri, tanpa pamrih!” (Red,)


Redaksi

Admin rapi.or.id