Tata Tertib Penggunaan Fasilitas RoIP/Teamspeak3 RAPI

Untuk menjamin kelancaran dan ketertiban komunikasi pada fasilitas RoIP dan Teamspeak3 RAPI maka dilakukan pengaturan-pengaturan sebagai berikut:

1. AUTO ADMIN
Auto Admin akan melakukan filterisasi calon pengguna, maupun pengguna yang sudah bergabung pada server Teamspeak3 RAPI. Auto Admin akan bekerja melakukan kick otomatis 1 detik setelah pengguna terkoneksi apabila:

  1. Penulisan nickname/callsign diawali spasi atau menggunakan spasi
  2. Penulisan nickname/callsign diawali dengan variasi karakter tanda baca (petik, koma, dan lain-lain)
  3. Penulisan nickname menggunakan callsign tetapi ditulis setelah nama
  4. Penulisan nickname hanya menggunakan nama atau callsign saja maupun penulisan callsign terdapat 1 atau lebih menggunakan huruf kecil
  5. Penulisan nickname menggunakan callsign & nama, tetapi kode regional tidak masuk/tidak dipergunakan dalam kode regional RAPI (17,36,dst) atau diluar stasiun panggil kegiatan Bankom RAPI dan stasiun panggil kesekretariatan.
  6. Penulisan nickname menggunakan callsign & nama, tetapi kode regional salah ketik menggunakan karakter tanda baca. Contoh: seharusnya 11 diketik !!, dan lain-lain)
  7. Penulisan nickname menggunakan callsign Amatir Indonesia maupun callsign Amatir International (negara lain) baik diawali dengan spasi, maupun divariasi
  8. Penggunaan nama operator yang tidak sopan/layak baik yg ditulis diawali dengan callsign valid ataupun terlebih tanpa callsign
  9. Penulisan nickname bagi simpatisan tidak menggunakan penulisan awal S01 ~ S16 atau S18~S35.

2. TIM ADMIN dan CO. ADMIN
Tim Admin dan Co Admin bertugas melakukan validasi, verifikasi, memberikan akses atau melakukan pencabutan akses pada pengguna yang sudah terfilter oleh AUTO ADMIN yg masuk ke dalam server Teamspeak3 RAPI. Hak akses pengguna ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  1. Pengguna yang baru masuk tetapi callsign tidak terdaftar pada Calbook RAPI Nasional akan diminta data valid berupa foto KTA atau berkas bukti permohonan (foto kuitansi pembayaran/bukti setoran giro/surat keterangan proses pengurusan perijinan dari pengurus RAPI Daerah/Wilayah setempat) yang dikirim ke No. WA/TELEGRAM ADMIN atau email admin yaitu: admin.ts3@rapi.or.id.
    Jika data yang diminta tidak dapat dikirimkan/ditunjukkan, maka pengguna tersebut akan dilakukan pemblokiran akses dalam jangka waktu tertentu ataupun secara permanen baik ID, Nickname, IP maupun range IP yang digunakan (situasional & kondisional sesuai kasus) dan pemblokiran akan dibuka setelah data valid yang diperlukan diterima.
  2. Pengguna baru yang masuk menggunakan callsign valid, tetapi nama tidak sama dengan di KTA akan diminta bukti diri yang menyatakan keabsahannya.
  3. Pengguna yang sudah bergabung, tetapi masa berlaku KTA/IKRAP sudah kadaluwarsa dan tidak dapat memberikan bukti permohonan perpanjangan melalui kontak admin akan dilakukan perubahan hak akses ke NEW USER/SRP (simpatisan), sehingga tidak dapat akses/komunikasi di/ke channel yang terdapat RF-Link.
  4. Pengguna yang sudah bergabung, tetapi nickname/callsign berubah dari kondisi pertama masuk, akan dirubah hak aksesnya ke NEW USER jika saat dikonfirmasi tidak memberikan respon informasi validitas yang sesungguhnya.
  5. Pengguna Simpatisan RAPI yang baru/sudah tergabung diwajibkan menuliskan No telepon/HP yang valid. Format penulisan S.. – Nama asli No HP/Telp. Contoh : S30 – Suryadi 0813******. Pengguna Simpatisan hanya dapat melakukan komunikasi dua arah pada channel diluar channel RF-Link atau pada channel-channel tertentu yang direkomendasikan.

3. DAFTAR ADMIN ROIP/TEAMSPEAK3 RAPI
Daftar Admin Teamspeak3 RAPI:
1. JZ30BTS – TOTOK SUGIARTO
2. JZ03XAY – MUHAMMAD AULIA WIRAGAMA
3. JZ31DJA – YUSUF MP
4. JZ15HRA – RICO ANTONIUS

Daftar Admin RoIP RAPI:
1. JZ10EUY – AYAT NURHAYAT
2. JZ03IRA – ELVIRA
3. JZ21AK – UJUANTO
4. JZ07ABE – EDI PRASETYA
5. JZ27BM – DWI INDARTO
6. JZ06ALQ – EDY S. INDRA
7. JZ13PVA – ERWAN LIK TRI LAKSONO
8. JZ10LFG – GIRI PURNAMA, S.Pd

4. ALAMAT ROIP/TEAMSPEAK3 RAPI
Alamat RoIP: roip.rapi.or.id, Port: 10024
Alamat Teamspeak3: ts-roip.rapi.or.id

Demikian tata tertib ini dibuat agar pengguna dan calon pengguna fasilitas Teamspeak3 RAPI dapat mengetahuinya. Dengan tujuan Tertib Administrasi, Tertib Organisasi dan Tertib Komunikasi.

Departemen Hukum, Inovasi Organisasi, Penelitian dan Pengembangan
Koordinator RoIP RAPI Nasional,
Totok Adi W
JZ13OUK/NIA: 13.07.12.007799

Penanggungjawab RoIP RAPI Nasional,
BUDI NUGROHO, SH
JZ13FSM/NIA: 13.09.12.009285

2 thoughts on “Tata Tertib Penggunaan Fasilitas RoIP/Teamspeak3 RAPI

  1. Salam 51 55
    Mohon maaf menyimpang dari topik diatas. Saya mau tanua dimanakah saya bisa mendapatkan peraturan organisasi yang terbaru. Mohon 10 14 nya.
    Terima kasih
    JZ23MJG

Comments are closed.